poor doesn’t means stupid…

Jogjakarta, 13 Maret 2007

Alunan musik Jazz yang sendu, suasana yang nyaman di Parsley…ternyata membuatku terinspirasi untuk menulis…..
Di mejaku ada sandwich chicken steak and hot tea…wuihhh uueeennnaaakk teuunann….kalo kata orang Jawa.

Mungkin cerita mengenai penambang pasir di lereng Gunung Merapi, udah seringkali kita dengar ceritanya…Tapi sampai kini aku jarang sekali mendengar cerita tentang kehidupan sehari-hari mereka. Sampai hari ini, aku pergi ke Kali Gendol dan melihat secara langsung kehidupan penambang pasir….. Gile…kalo dibuat opening feature…pemandangannya mengagetkan euy… Gimana kaga, di tengah-tengah tebing yang tinggi banget, ada sebuah cekungan yang udah menjadi aliran lahar dari G. Merapi. Di aliran lahar ini, ratusan penambang dan puluhan truk lagi asik menambang pasir…. Sempet juga turun ke tambangnya..agak dag dig dug sih..maklum ngeri kalo tiba-tiba ada aliran lahar :p
Tapi sih kita ga perlu takut juga, soalnya orang-orang sini dah punya sistem peringatan dini sendiri. Mereka mengandalkan informasi dari atas..jadi kalo di atas hujan, pasti ada kemungkinan terjadi lahar dingin….
Lumayan bagus sih sistem mereka….
Setelah pdkt kesana kemari dan memperkenalkan diri sebagai mahasiswa UGM yang lagi buat skripsi (duh…g kaga enak sih kalo ngeboong, tapi kita ngeri juga kalo kita ngaku wartawan, nanti malah kita diapa2in…walau ternyata pada akhirnya kita tau warga disini lumayan bersahabat dibandingkan warga di Kali Woro, yang kebanyakan adalah mafiossi tambang asal Klaten :p ) Ternyata mereka lebih terbuka ma kita, karena kita bilang kita dari UGM :p Nilai plus juga nih, walau g agak ngeri juga kalo mereka nanya2 tinggal dimana, kul apa dll…..untung deh ampe kita pulang ga ketauan boongnya😀

Aku sempet kenalan ma sebuah keluarga. Ternyata keluarga ini bukan orang asli Merapi. Sang bapak orang Betawi dan sang ibu lah yang orang daerah Merapi ini….Bapak ini walau wong ndeso, tapi pemikirannya luas. Dia bisa menyekolahkan ke 4 anaknya…bahkan yang paling gede dah duduk di SMK… Sebuah prestasi yang membanggakan bagi seorang warga desa….salut deh gue… Bapak ini hobi cerita….dia cerita deh tuh kesana kemari…tapi entah kenapa gue asik aja dengerin cerita dia….jadi belajar wawasan baru nih dari wong ndeso… Dia tau arti bersyukur dan bekerja keras….dia ga mo anaknya nanti jadi penambang pasir kayak dia dan istrinya… Bahkan ketika anaknya mau bantu dia kerja di tambang, dia tidak mengijinkan. Dia bener-bener mau menjauhi anaknya dari dunia tambang pasir Merapi, walau dia tau pasir Merapi ini ga akan pernah habis walau ditambang bertahun-tahun lamanya… Salut deh gue ma nih bapak…. Salah satu yang bikin gue kaget adalah gaya hidupnya….dia bilang walau dia miskin, dia tetep kasih anaknya makanan yang bergizi…dia sih sempet kasih contoh…orang-orang ndeso yang lain, tampangnya pada boros tua semua….kalo kata dia, itu karena mereka makan yah sekedar kenyang tapi tidak diperhatikan keadaan gizinya, dan pola hidup yang serba berantakan, kerja dari pagi hingga malam….belum lagi kebiasan minum-minum di malam ampe subuh…
Bapak ini usianya dah 48 tahun, istrinya dah 40an tahun, tapi kalo gue liat muka istrinya…beda banget ma wajah orang desa yang lain, seger, atletis dan kuat, awet muda pula…..
Bapaknya juga gitu, masih terlihat segar dan bertenaga… Seharian nih gue maen di rumah mereka, sempat liat banjir lahar dingin juga…. Sehari yang menyenangkan….mana gue dikasih makan lagi..walau ala ndeso, tapi enak coi….

Itulah kenapa gue suka ma kerjaan gue…..bisa keliling dan bertemu banyak orang yang bisa menginspirasi gue untuk berbuat sesuatu….. Walau kadang kerjaan keluar kota itu bikin bete dan stress….tapi kita kan harus liat dari segi positifnya dan membuka hati untuk hal-hal yang membangun diri kita 

Jenn
Parsley, Jogjakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s