Manifestasi diri

Sekitar seminggu lalu, mama dari sahabtku meninggal dunia karena kanker getah bening. Ketika kami sedang sharing, sahabatku berkata kalau pada hari-hari terakhir mamanya, beliau agak sulit untuk “pulang”, karena masih ada ganjalan masa lalu, yang berhubungan dengan sang nenek.

Ngomong punya ngomong, akhirnya sahabatku ini berkesimpulan penyakit yang di derita oleh mamanya, sepertinya ada hubungannya dengan sakit hati yang dialami pada masa lalu, dan sakit hati itu tanpa disadari terus bertumpuk dan dipendam, akhirnya manifestasi menjadi kanker getah bening.

Pengalaman seperti ini tidak hanya ini saja, ada lagi sahabatku yang lain menderita Lupus. Usut punya usut, kelainan darah ini yang menyebabkan sel darah putih menyerang tubuh si penderita. Ketika di korek lebih dalam lagi, pada masa lalu sahabatku ini, dia pernah mengalami masa-masa berat dan depresi. Yang akhirnya menyebabkan ia menjadi benci dengan dirinya sendiri. Kebencian ini termanifestasi dengan penyakit Lupus ini.

Begitulah kesimpulan yang didapat, tapi sekali lagi aku bukanlah seorang ahli yang bisa menyimpulkan sesuatu. Tapi ini hanyalah sekedar sharing dari pengalaman yang kudapat.

Jenn

18 Januari 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s