Jalinan jodoh

Tadi sore, aku dengar berita bahwa ada seorang pasien leukemia di Bandung, yang mau melakukan operasi pencangkokan sumsum tulang belakang di Singapura.

Usai mendengar kabar ini, aku hanya menganggapnya hal biasa. Maklum, pekerjaanku memang seringkali berhubungan dengan pasien dan penyakit. Tapi setelah mendengar lebih jauh, aku menjadi penasaran.

Leukimia adalah penyakit kelainan darah, yang bisa menimbulkan kematian bagi si penderita. Dan sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan Leukimia. Salah satu kesempatan bagi penderita untuk bertahan hidup adalah dengan cangkok sumsum tulang belakang. Ini pun bukan hal yang mudah, kesempatan mendapat donor yang cocok seperti mencari jarum ditumpukan jerami.

Setelah mencari ke banyak bank darah, akhirnya si pasien menemukan donor yang cocok di Bank Darah Tzu Chi di Taiwan. Relawan Tzu Chi Indonesia pun segera dihubungi untuk follow up tindakan operasi di Singapura.

Namun, bukan berarti setelah menemukan donor yang cocok, pasien bisa langsung di operasi. Belum…..

Masih ada kendala lain, yaitu biaya. Dibutuhkan biaya 2 milyar rupiah untuk operasi. Walau sang Pasien berasal dari keluarga mampu, tetap saja dana sejumlah itu bukan hal yang kecil.

Kisah perjuangan seorang remaja yang sedang mencari dana bagi keperluan operasi ini, menggerakkan hati banyak orang untuk membantu. Ratusan donator, rela mendonorkan sedikit dari uangnya untuk anak ini. Padahal tidak satupun diantara mereka yang mengenal si pasien. Namun, mereka dengan kesungguhan hati menggumpulkan dana dari kerabat dan relasi.

Dari kisah ini, aku tersadarkan akan banyak hal, betapa beruntung anak ini, yang begitu dicintai oleh orang lain, bahkan sang pasien tidak pernah mengenal donaturnya. Namun orang-orang ini, dengan tulus mengumpulkan dana baginya. MUngkinkah, di kehidupan lampau, orang-orang ini memiliki hutang pada dia, sehingga karmanya baru berbuah pada kehidupan ini?

Tapi yang paling penting adalah, ternyata di dunia ini masih ada kepedulian dan cinta kasih bagi orang lain. Sungguh sebuah hal yang indah, mengingat kehidupan moral manusia di jaman ini yang semakin menurun.

Cinta kasih universal itu, memang nyata…….

 

Jakarta,

 

28 Maret 2008

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s