Perjalanan Menembus Waktu

gerbang masa lampauSafe deposit box

Gedung putih itu, melambangkan keanggunan khas masa lalu…

Kemegahannya seakan terus berbisik memanggilku untuk menghampirinya tiap kali aku melintas….

Sudah setahun ini, aku selalu melewatinya. Namun baru hari ini aku sempat menyambut ajakannya untuk mampir….

Seperti yang ku duga, interior dalam gedungnya pun tak kalah mewah dan indah. Nama gedung ini Nedelandsche Handel Maatschappij NV. Sekarang namanya Museum Mandiri.

Begitu kakiku melangkah masuk, aku seperti terbius, memasuki sebuah masa yang lampau dan terlupakan. Kakiku mengayun ringan dalam sebuah ruangan luas. Kucoba membayangkan aktivitas di ruang kasir yang luas ini. Aktivitas manusia masa lalu, bagaimana kehidupan mereka, pakaian apa yang mereka kenakan, bagaimana permasalahan mereka saat itu…

Wuah, bayangan itu menari lincah dalam anganku. Sayup-sayup aku mendengar deru desing kendaraan yang lalu lalang di luar sana. Hanya suara itulah yang mengingatkanku, bahwa aku exist di masa kini, bukan di masa lampau.

Kaki pun mengayun menuruni sebuah tangga. Ternyata ruang di bawah itu adalah brankas dan Safe deposit Box. Sebuah pintu besi seberat 5 – 6 ton, menunggu untuk kumasuki. Suasana seram pun, tak ketinggalan. Aku pernah mendengar cerita, bahwa di ruang ini dulunya pernah dijadikan penjara, dan banyak orang yang meninggal di dalamnya. Sungguh membuatku merinding..

Ruang Safe deposit box, dipenuhi dengan lemari-lemari deposit box yang hingga kini, kondisinya masih utuh dan kokoh. Benar-benar membuatku kagum. Bahkan aku merasa, safe deposit disni lebih kuat dibandingkan safe deposit masa kini.

Ruang bawah tanah gedung ini, memang dibangun lebih kokoh dibandingkan bagian atasnya. Mungkin karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan.

Puas mengeksplore tempat ini, aku melangkah ke atas, ke ruang utama direksi. Dekorasi disini lebih mewah, yah tentu saja namanya juga ruang direksi…

Sebuah meja bundar yang indah, ditempatkan di tengah ruang ini. Di sisi kiri dan kanannya ada ruang rapat yang ukurannya lebih kecil.

Indah sekali…

Dari keseluruhan bangunan ini, tempat favoritku adalah ruang bawah tanah. Suasana gelap dan mistis, cukup membuatku merinding, tapi keindahannya lah yang membuatku terpesona.

Ketika kakiku melangkah menuju pintu keluar, aku seakan tersadarkan akan masa kini. Usai sudah perjalanan menembus waktu…

Realita dan permasalahan masa kini pun menghampiri untuk dilalui….

Office, 17 Mei 2008

3 thoughts on “Perjalanan Menembus Waktu

  1. tur ke gedung hantu, ka2x g wkt kerja di sana awal taun 90an bilang emang gedung itu berhantu, untungnya hantu asing bukan melayu he he

  2. Cita-cita gue nih…kalo punya uang lebih..
    gue mau beli salah satu gedung disana, lantai bawah untuk cafe, lantai dua galeri, lantai tiga tempat tinggal gue….
    wuah…indahnya hidup….apalagi ada yang menemani :p

Leave a Reply

