it’s only in Philippines

Walau Filipina, adalah negara yang mayoritas Katolik, namun mereka tetap memberikan toleransi bagi umat Muslim untuk merayakan Idul Fitri. Hari yang fitri ini, ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah Filipina.

Hari kemenangan umat Muslim ini, dibayangi oleh cuaca yang sendu. HUjan turun sejak pagi, setelah dicari tahu ternyata Manila sedang dilewati oleh tropical storm Higos yang menuju daratan Tiongkok.

Tapi niat utamaku untuk mengunjungi China Town Manila di daerah Binondo, tidaklah surut. Sebagai tujuan utama adalah menikmati dimsum di restaurant Wai Ying. Walau resto ini terbilang kecil, namun menu dimsumnya enak dan harganya murah. Beberapa menu yang layak dipesan adalah Hot Salad Roll, Fish congee, Mie rebus, steam Tofu, Asado Bao, Raddish Cake, Ci Cong Fan.

Di sebelah resto ini ada satu kios kecil yang jual Cakwe. Denger-denger, hanya di tempat ini yang jualan Cakwe. Rasanya enak, ga kalah dengan di Indo punya. Cuma mereka agak berbeda, dengan memakannya pakai gula pasir, tapi kita bisa kok untuk milih ga usah pake gula pasir.

Usai Dimsum, aku diajak ke tempat yang menjual makanan khas chinese food. 

Duh akhirnya aku nemu juga, sayur asin, kulit kembang tahu dan turnip untuk dibuat sop ayam, crysantemum tea, sea weed, mushroom dan macem-macem makanan khas pecinan. 

Wah….langsung deh kalap….:D

walau makanan yang dibeli masih harus diolah lagi, aku tetep beli…tapi tetep dimasak juga dong….(gini-gini bisa masak loh😀 )

Di satu sisi, aku beli makanan itu yah karena jadi berasa di rumah. Beberapa makanan yang dibeli, adalah yang biasa aku makan kalo di Indo, jadi yah…supaya feels like home gitu deh……

Asimilasi budaya di Filipina ini, cukup unik..

Ketika jalan, kami menemukan sebuah sudut, yang ada patung salib, tapi di bawahnya ada tempat untuk memasang dupa dan orang sambil berdoa juga lempar koin (So pue, kalo biasa disebut)

hmmm…kita cukup terheran-heran. Walau disini mayoritas adalah Katolik, tapi ternyata mereka tidak hanya berdoa, namun juga melakukan ritual orang Tionghoa kalo sembahyang di Klenteng….:D

lucu juga….

but, it’s only in Philippines…:D

1 October 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s