sukacita natal

Natal 2005, mungkin menjadi natal paling berkesan hingga saat ini.

Aku merayakan natal tahun itu di Banda Aceh, di tengah puing-puing reruntuhan akibat tsunami yang melanda daerah ini, 26 Desember 2004.

Kepergianku ke Banda Aceh, tak lain karena tuntutan pekerjaan. Sejak minggu ke-dua Desember 2005, aku sudah berada di Aceh hingga akhir Desember 2005. Tuntutan pekerjaan yang tinggi serta dateline yang ketat, cukup melelahkan. Tidak hanya fisik, namun juga emosi. 

Malam natal, aku dan beberapa teman menyempatkan diri untuk tetap beribadah natal. Setelah pulang ke Wisma, keputusan kami ini sempat memicu omelan dari Korlip (koordinator peliputan)😀

Aku beribadah di Gereja Kristen di tengah kota Banda Aceh. Dari segelintir gedung yang selamat, gereja ini adalah salah satunya. Mengalami kerusakan disana sini, namun gedung gereja ini masih kokoh berdiri. Saat itu, jemaat bertumpah ruah hingga ke halaman gereja.

Suasana syahdu bercampur dengan suasana sedih. Setiap orang berdoa dengan khusuk, beberapa bahkan meneteskan air mata.  Langit pun tak kuasa meneteskan kesedihannya. Yah saat itu gerimis menaungi kota ini.

Di panggung, anak-anak mengenakan pakaian dengan warna yang meriah, seakan berusaha mengusir suasana sedih yang menaungi sebagian jemaatnya. Yah..malam ini adalah malam Natal, malam dimana Sang Penebus lahir di dunia. Sudah seharusnya setiap insan menyambutnya dengan senang hati.

Aku ingat, suasana malam itu cukup membuatku bergidik. Apalagi saat prosesi penyalaan lilin. Sukacita Natal, benar-benar meliputiku saat itu.

Natal saat itu benar-benar menyentuh dan berkesan.

Tahun ini…..

Suasana meriah Natal sudah bisa dirasakan sejak bulan Oktober di seluruh penjuru Metro Manila. Menjelang Desember, gedung dan jalan-jalan utama sudah menunjukkan kemeriahan ornamen Natal. Pusat perbelanjaan, memperpanjang jam operasinya hingga jam 12 malam. Dimana-mana terlihat orang yang sedang berbelanja untuk keperluan Natal. Budaya tukar kado sangat kental disini. 

Tapi, apakah sukacita Natal juga benar dirasakan??

2 thoughts on “sukacita natal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s