What is in your head?

Seperti biasa, kalo tinggal di tanah asing, dan ga terlalu bisa bahasa lokal, pasti sering deh ditanyain,’where are you from?’ Are you Korean? Chinese? Japan?

Terkadang jawaban gw yah sekena dan sesuai mood aja. Kalo lagi kesel dan mood ga enak yah kaga gw jawab…pokoknya walau dia nyebutin semua negara ASia, gw geleng-geleng aja. Soalnya mereka ga pernah nyebut Indonesia sih.

Ada juga yang bilang, “indonesia? but you are not look like Indonesian.” Gw sih cengar-cengir aja….kadang agak sedikit sebel, sambil dalam hati mikir,”kemane aje lo, INdonesia tetangga lo aja, lo kaga tau. Aje buset….. padahal tuh kasus Mindanao punya hubungan erat dengan kasus di Indonesia.”

Bahkan bencana tsunami yang terjadi tahun 2004 aja, banyak dari mereka yang ga ngeh.

Kalo diteliti lagi, mungkin sumber masalahnya adalah media massa disini jarang sekali membicarakan politik di negara asia lainnya seperti indonesia, taiwan, china, malaysia, singapura dll. Isi koran mereka aja kebanyakan tentang kondisi lokal, America atau negara2 yang menjadi tujuan pekerjanya (Overseas Filipino Workers). Dan, ternyata isu ini pula yang diprotes oleh dosen2 gw di kampus. Tentu kondisi ini sangat berbeda dengan di Indonesia. Ketika gw pulang ke Jakarta beberapa waktu lalu, hampir semua orang yang gw ajak ngomong pasti nanya, “wah anaknya Aquino jadi presiden lagi ya.” atau ‘mamanya udah meninggal kan?’. Atau mereka akan nanya tentang kejadian-kejadian di Mindanao. Bahkan mama dan papa saya aja sangat kenal dengan sosok Imelda Marcos yang demen koleksi sepatu, Cory Aquino yang jadi presiden perempuan pertama di Asia, atau si tangan besi Marcos. Saya pun walau jarang-jarang mengikuti perkembangan politik luar negeri, cukup familiar dengan nama Kris Aquino dan Marcos.

Bagusnya, semua profesor gw di kampus tau tentang Indonesia, karena mereka sering studi banding ama Indonesia, terutama tentang kebebasan media. Yah masih lumayan dah…..

Teman-teman di kampus juga begitu, pengetahuan mereka tentang Indonesia amat sangat minim.Pernah di satu kelas, dosen saya nanya ke mahasiswa yang laen, “apa sih yang kamu tau tentang Indonesia?’

Dari 10 orang murid, mungkin yang jawab cuma tiga atau empat orang. Ada yang bilang negara Islam, ada lagi bilang dia pernah ke Jakarta dan ngerasa pusat budaya di Jakarta tidak tersentralisasi, ada bilang Soeharto kayak Marcos, ada yang tau Bali dari film seri Korea.

Tapi ada satu temen, dia adalah dosen matematika. Dia malah memuji Megawati yang katanya dia lebih “bermoral” dibanding Gloria Magapagal Arroyo. Hal ini berkaitan dengan kudeta yang dijalankan oleh kedua mantan presiden ini. Kata dia si Megawati melakukannya dengan elegan. beda dengan Arroyo yang lakuinnya kasar dan tidak beretika.

So? intinya? kesimpulan dari tulisan ini adalah….gw cuma nuangin uneg2 aja kok. Kadang sebel juga kalo harus ngejelasin Indonesia ini loo….atau itu looo…..

wah kayaknya boleh juga nih gw jadi duta indonesia di Filipin. Tapi kira2 KBRI mo hire gw ga ya???

hehehe

3 thoughts on “What is in your head?

  1. ternyata temen2 kuliah lu bego2 ya Jen? HAHAHA…. Tapi kalo lu pulang ke Indonesia gua cuma nanya satu Jen: Mana oleh2nya? HA HA HA HA…

  2. Rus: wohoooo……tuh paspor bukti konkretnya wkwkwkwk….
    Ari: hueheheehee…iya deh, film2 sini kan๐Ÿ˜€

Leave a Reply

