My school and everything

Tanggal 6 September 2008, secara resmi saya meninggalkan Da Ai TV. Saat itu, jujur, cukup berat buat saya untuk meninggalkan hal-hal yang sudah dibangun dan apalagi sungguh saya cintai. Namun di satu sisi saya memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan studi, karena saya tidak mau ‘pintar’ karena pengalaman, tapi saya juga mau ‘pintar’ karena saya memiliki basic yang kuat akan bidang yang saya geluti ini. Jadilah saya ke Manila.

Saat ini, 3 September 2010, status saya adalah mahasiswi tingkat dua pasca-sarjana University of the Philippines. Dan ini adalah sekelumit ‘perjalanan’ saya di kampus tercinta ini.

Selama kuliah, saya cukup diribetkan dengan segala macam teori-teori, mulai dari semiotic tradition sampai sociocultural tradition. Teori-teori yang bikin bingung dan kalau mau dibaca satu persatu sepertinya satu tahun juga tidak akan habis dimengerti.

Tapi, thanks God, walaupun ketar ketir dan jungkir balik, di semester pertama saya berhasil masuk dalam jajaran University scholar alias IP saya rata-rata 1,25 (yang paling tinggi 1 dan paling rendah 2). Yah cukup lumayan, tapi saya merasakan betul bantuan dari Jay, yang siap sedia membantu saya dalam mengedit paper-paper saya dan menerjemahkan kalimat dari buku teks yang tidak saya pahami. Saking susahnya kalimat-kalimat itu, Jay pun terkadang juga susah untuk mengertinya. Hahaha, lucu juga padahal dia dulu termasuk top student di Griffith University, Gold Coast. Lah, yang pinter aja susah ngerti, gimana saya?

Perjalanan saya selama studi di semester pertama, saya mendapat tugas dari dosen Media Ethics untuk menulis paper sepanjang 25 halaman, paper ini ditujukan untuk diterbitkan di jurnal kampus. Kalau paper kita berhasil masuk ke jurnal kampus, nilai 1 sudah di tangan. Wah, jelas saya kaget dan stress berat. Di satu sisi pengen juga dapet nilai 1 dan tulisan masuk ke jurnal, tapi di sisi lain rasanya saya masih belum sanggup untuk menghasilkan karya riset yang baik. Jadilah topik yang saya pilih saat itu mengenai “media and violence behavior”. Karena saya merasa topik ini cukup mudah. Tapi jujur saja, walau kelihatannya mudah, tapi ternyata dalam proses eksekusinya tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi saya mengalami keterbatasan dengan data-data yang diperlukan dan mungkin juga karena pemahaman saya yang masih kurang, apalagi itu semester pertama dan sebelumnya saya tidak pernah bersentuhan dengan segala macam teori komunikasi. Tapi, again, thanks God, in the end everything was good. J

Di semester ke dua, kuliah saya cukup santai dan yang terpenting saya mulai bisa beradaptasi dengan segala macam urusan kampus. Jadi yah sudah bisa menikmati nikmatnya kuliah lagi. Tapi yang terpenting dari semuanya, saya mempelajari hal-hal baru. Kemampuan saya untuk mengedit video, kembali dipergunakan disini. Walau kemampuan editing saya sangatlah standar, tapi saya senang karena bisa berkontribusi untuk teman-teman sekelas. Dan kita juga saling belajar dengan teman-teman yang lain. Pernah suatu ketika di kelas production, tibalah giliran saya untuk jadi Program Director. Saya sih udah sering melihat Mas Anung dan Rifsal dalam men-direct, tapi ternyata ketika harus melakukannya sendiri dan dalam bahasa inggris pula, wah…kacau hahaha…Tapi sekali lagi, saya mencoba hal-hal baru disini.

Saat ini saya sedang di pertengahan semester ke tiga. Saya mengambil tiga mata kuliah dan semuanya sedang research-break. Uniknya, ketiga mata kuliah ini walau berbeda subjek, tapi memiliki benang merah yang sama, yaitu tentang identitas diri, tepatnya kebebasan kita dalam memilih identitas diri kita. Misal, saya sering dipertanyakan tentang citizenship saya yang Indonesian dengan postur fisik saya yang 100% Chinese. Yah, terkadang sih ribet juga karena meladeni pertanyaan orang-orang yang sering panjang lebar, but in the end I feel proud to call my self as Chinese-Indonesian. Thanks to my professor, who encourages us to read many papers about diaspora community and transnational media. In the time like today’s, where boundaries are no longer an issue, media helps us to strengthen our existence in the world and I also learn that although we are minorities but we are not alone; there are many minorities like us in the world and they proud to be who they are.

So, ternyata setelah saya mencoba refleksi-kan keberadaan saya selama 2 tahun disini, sepertinya saya banyak dapat hal baru, yang tidak kalah dengan apa yang saya dapatkan selama bekerja di Da Ai TV.

Kalau ditanya apakah kangen dengan dunia kerja?

Yah tentu saja kangen, tapi untuk saat ini sepertinya saya harus bersabar hingga tiba saatnya masuk ke dunia kerja lagi. Ada sih godaan untuk coba kerja sambilan, tapi entah kenapa setiap mencoba apply pasti ada hal-hal yang membatalkan; yah mungkin memang saatnya untuk sekarang saya fokus dengan kuliah.

Apalagi semester ini saya memiliki tiga paper yang menunggu, yang terkadang kalau dipikirkan rasanya saya ga bakalan sanggup untuk menyelesaikan semua. Karena semuanya membutuhkan riset lapangan L

Anyway, I should give it my very best try, isn’t it?

Manila, 2010

Sebuah tulisan untuk memotivasi diri sendiri🙂

2 thoughts on “My school and everything

  1. Huaaahhh… membaca tulisanmu yang satu ini, gw jadi ngerasa berkepribadian ganda.
    Alter ke-1: walah, untung bukan gw yang kuliah ambil S2, ribets amat yak…
    Alter ke-2: wow, walaupun terkesan ribet, tapi kuliah itu sangat menyenangkan lho, bikin ngiri aja deh si Jen ini… ^^
    Hehe… tapi kayaknya yang lebih dominan adalah alter kedua… ^^
    Semangat ya Jen, meski terasa berat, tapi toh udah ketahuan manfaatnya. Ketiga paper itu anggaplah sebagai tantangan yang mengasyikkan.
    I hope you’ll have a good time working on them…!!! ^^

Leave a Reply

